Tuesday, March 19, 2013

Pertemuan 4 ( 5 Maret 2013)



  1. Bu Niknik memberikan penjelasan tentang imbuhan Me- yang luluh jika menghadapi kata-kata yang berhuruf awal /s/ , /p/ , /t/ , dan /k/ . Contohnya yaitu, kata target jika diberikan imbuhan Me- maka huruf /t/ akan luluh menjadi menargetkan. Ada beberapa kluster seperti /Kr/ , /Pr/ , /Tr/ , dan /Sp/ jika menghadapi imbuhan Me- tidak akan luluh. Contohnya yaitu, kata prioritas jika diberikan imbuhan Me- maka akan menjadi memprioritaskan, huruf /p/ tidak luluh.
  2. Kami duduk berkumpul dalam 1 kelompok. Bu Niknik memberikan masing-masing 1 kotak kartu domino yang di balik kartunya terdapat kata yang harus diberikan imbuhan Me- . Anggota kelompok yang menang, akan di adu menuju babak selanjutnya. Pada babak kedua, tiap kelompok memberikan 2 anggota kelompok untuk diadu. 1 anggota bermain, 1 lagi mencatat kata yang disebutkan oleh pemain satu lagi. 3 kelompok pemenang akan mendapatkan 2 bintang. 2 kelompok lagi yang kalah di adu bermain kartu domino oleh Bu Niknik untuk memperebutkan 1 bintang. Kelompok kami mendapatkan 1 bintang pada permainan ini.
  3. Bu Niknik memberikan permainan lain untuk mendapatkan bintang, dua kelompok yang poinnya paling banyak akan mendapatkan 1 buah bintang. Kami disuruh meneliti kesalahan bahasa pada lembar kerja mahasiswa di buku "Cermat dalam Berbahasa Teliti dalam Berpikir", permainan ini sistemnya rebutan. Kelompok kami mendapatkan 1 bintang pada permainan ini. 

No comments:

Post a Comment